Blog TECHNOLOGY

Arsip Blog

Apr 19, 2009

Pengertian Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."

Perangkat perangkat komputer

Komputer dibagi menjadi 3 macam perangkat, yaitu perangkat Hardware(perangkat keras), software(perangkat lunak), dan yang terakhir adalah perangkat insani(brainware) :

1. Perangkat keras komputer
(hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.
2. Perangkat lunak atau piranti lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai 'penterjemah' perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras. Perangkat lunak ini dibagi menjadi 3 tingkatan: tingkatan program aplikasi (application program misalnya Microsoft Office), tingkatan sistem operasi (operating system misalnya Microsoft Windows), dan tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi atas bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan).
Perangkat lunak adalah program komputer yang isi instruksinya dapat diubah dengan mudah. Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut sebagai device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman), dan lain-lain. Software merupakan perangkat yang berguna untuk melakukan suatu perkerjaan, software terdiri dari beberapa jenis yaitu :

a. Sistem Operasi,merupakan software yang mengubungkan antara hardware dengan brainware, tanpa sistem operasi komputer tidak dapat berjalan sama sekali, jenis2 sistem operasi antara lain seperti Windows dan LInux

b. Software utility,merupakan software yang berfungsi untuk mengisi kekurangan yang ada pada sistem operasi yang digunakan

c. Program aplikasi,merupakan software yang berfungsi untuk melakukan suatu perkerjaan, seperti aplikasi perhitungan gaji dipakai oleh orang yang berkerja dibagian keuangan, aplikasi ini tidak banyak beredar dipasaran, aplikasi ini biasanya dibuat oleh perusahaan/pihak yang membutuhkannya.

d. Program paket, adalah sebuah apikasi yang mempunyai banyak kegunaan, apikasi ini hanya berjumlah satu file tetapi dapat melakukan beberapa tugas, seperti microsoft excel selain bisa dipakai oleh anak sekolahan untuk membuat daftar piket kelas juga bisa digunakan oleh orang bagian akutansi untuk membuat laporan keuangan, dan masih banyak lagi program paket seperti microsoft word, excel, adobe photoshop, frontpage, macromedia flash mx, dll. Program paket berdedar luas dipasaran.
3. Brainware merupakan perangkat insani(manusia), brainware merupakan bagian yang mengoperasikan komputer, brainware dikenal dengan beberapa kategori yang dibedakan menurut pengetahuannya akan komputer yaitu:
Data Entry: Orang yang tidak terlalu mengetahui seluk beluk komputer, dia hanya memasukkan dan mengelola data yang ada.
Operator: Orang yang mengetahui seluk beluk kerja komputer, secara istilah sederhana dia hanya menggunakan apilkasi tertentu.
Progamer: Orang yang mengetahui dan bisa membuat bahasa mesin yang dipakai oleh komputer untuk melakukan tugas tertentu.
Analist komputer: Adalah orang yang menganalisis sistem operasi yang digunakan oleh komputer dan dapat merancang sebuah sistem.

Posted by : iebe93 ~ / Technology

Sobat reading artikel tentang Pengertian Komputer . Thank's.. atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan di post a comment.. Sobat boleh copy-paste..but please sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini. (thank's - sharing together) !

0 komentar

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...