Blog TECHNOLOGY

Arsip Blog

May 17, 2009

Perawatan PC

Perawatan PC atau istilah kerennya PC Maintenance, bagi para pengguna PC tentunya istilah ini tidak asing. Kebanyakan dari pengguna PC hanya tau bahwa memang PC perlu di maintenance, dan hanya sekedar tau. Pada umumnya sebuah PC baru di maintenance kalo sudah kena virus, ga masuk sistem operasi, atau bahkan pas matot aja. Seharusnya gak gitu.. PC juga perlu dirawat. Dengan PC yang terawat otomatis kerja jadi lebih nyaman. PC yang terawat dengan baik juga menambah umur dari perangkat PC itu sendiri.

Untuk perusahaan-perusahaan (biasanya sih menengah ke atas), mereka mempunyai bagian yang khusus menangani semua masalah PC. Sedangkan perusahaan hampir menengah ke bawah, pada umumnya lebih banyak menggunakan jasa IT Support dari luar perusahaan (toko komputer misalnya), atau bahkan sangat tidak memperhatikan tentang perawatan PC. “Lho kenapa kok gitu?” biasanya kepentok masalah biaya. kalo harus perawatan berkala, perusahaan merasa keberatan untuk menyisihkan anggarannya karena suatu PC dianggap tidak ada harganya dibanding dengan proyek perusahaan. Termasuk juga pengguna PC di rumah.

Permasalahan seperti uraian di atas bisa diminimalisir apabila dari masing-masing pengguna PC tau cara perawatannya dan perangkat apa saja yang perlu dirawat, sehingga tidak perlu menggunakan jasa pihak ketiga. Berikut ini adalah sedikit tips perawatan standar sebuah PC:

  1. Back-Up data vital. Lakukan proses ini seminggu sekali atau kalo perlu tiap hari. Tujuannya untuk menghidari kehilangan data. Perlu diketahui bahwa biaya untuk mengembalikan data yang hilang sangat mahal.
  2. Cek Spyware/Adware (khusus untuk yang PC nya online). Minimal sebulan sekali. Tujuannya mengantisipasi penyusup di PC, dan mengihindari pencurian data oleh hacker.
  3. Cek virus. Minimal seminggu sekali. Kalo PC online tiap hari, update antivirus tiap hari atau gunakanfasilitas automatic update pada antivirus. Tujuannya ya biar PC aman dari virus. sebab sifat virus merusak.
  4. Bersihkan dalam CPU. Minimal setahun sekali. Tujuannya bersihin debu. Sebab debu dapat menyebabkan listrik statis.
  5. Bersihkan PC, keyboard, monitor, printer. Minimal sebulan sekali. Tujuannya sama dengan poin nomor 4.
  6. Defrag harddisk. Tiga bulan sekali atau apabila diperlukan. Tujuannya agar harddisk (media penyimpan) dalam kondisi prima.
  7. Pasang Firewall (bagi yg sering online). Tujuannya untuk meminimalisir spyware/adware, virus maupun penyusup yang lain.
  8. Jalankan disk clean-up. Minimal sebulan sekali lah. Tujuannya bersih-bersih harddisk dari data yang tidak perlu.
  9. Hapus program-program yang tidak perlu. Tujuannya penghematan kapasitas dan performa harddisk.
  10. Pake UPS (Penting!!). Tujuannya menjegah kerusakan hardware akibat mati listrik.

Posted by : iebe93 ~ / Technology

Sobat reading artikel tentang Perawatan PC . Thank's.. atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan di post a comment.. Sobat boleh copy-paste..but please sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini. (thank's - sharing together) !

1 komentar

Unknown May 25, 2009 at 9:11 PM

=))

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...